Kamis, 22 Desember 2011

contoh kasus


KASUS PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA
(TEKNOLOGI)

            Perubahan adalah kondisi yang berbeda dari sebelumnya. Sedangkan perubahan social budaya yaitu sebuah gejala berubahnya struktur sosial dan pola budaya dalam suatu masyarakat. Perubahan itu terjadi sesuai dengan hakikat dan sifat dasar manusia yang selalu ingin mengadakan perubahan. Perubahan sosial budaya terjadi karena beberapa faktor. Di antaranya komunikasi, cara dan pola pikir masyarakat, faktor internal lain seperti perubahan jumlah penduduk, penemuan baru, terjadinya konflik atau revolusi, dan faktor eksternal seperti bencana alam dan perubahan iklim, peperangan, dan pengaruh kebudayaan masyarakat lain.
Contoh dari perubahan social budaya misalnya yaitu perkembangan teknologi pada saat sekarang ini. Perkembangan teknologi memberikan keuntungan dan berbagai kemudahan pada manusia. Yang dulu masyarakat tradisional belum mengenal teknologi, kini mereka sudah mengenal adanya TV, radio, computer dan bahkan internet. Yang tentunya perkembangan teknologi sendiri akan mempemgaruhi tingkah laku dari masyrakat itu sendiri. Selain itu dengan adanya teknologi sekarang ini, akan mempermudah aktivitas masyrakat. Perkembangan teknologi juga bersifat alami, dan berlangsung dalam jangka waktu yang cukup lama. Teknologi ini bergerak kearah kemajuan.


            Perkembangan teknologi, merupakan salah satu bentuk dari Teori Evolusi. Dimana evolusi itu adalah perubahan secara lambat dan terjadi karena usaha-usaha masyarakat dalam menyesuaikan diri dengan keadaan lingkungan dan kondisi-kondisi baru yang timbul sejalan dengan pertumbuhan masyarakat dan terjadi dalam jangka waktu tertentu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar