Kamis, 22 Desember 2011

sedikit tentang enthnografi


ETHNOGRAFI



Ethnography berasal dari bahasa yunani yakni ethnos = orang, dan graphein = menulis. merupakan jenis cara - cara menulis yang kini telah memiliki beragam tingkatan deskripsi kualitatif dan kuantitatif dari berbagai fenomena sosial yang terjadi, berdasarkan data mentah dari hasil penelitian. ethnography hadir sebagai hasil dari sebuah metode penelitian yang kompleks dan menyeluruh yang ditemukan dari sebuah ide yang mengatakan bahwa seperangkap sistem tidak harus dipahami secara akurat sebagai bagian - bagian yang terpisah satu sama lainnya. beberapa tradisi akademis, khususnya paradigma konstruktivis dan relativis, menggunakan penelitian ini dan menganggapnya sebagai sebuah metodologi penelitian yang cukup penting. banyak dari kalangan antropologis budaya menyebutkan bahwa ethnography inti dari sebuah disiplin keilmuan.
A.    Antropologi sosial dan antropologi budaya
antropolodi budaya dan antropologi sosial telah dikembangkan dalam sebuah penelitian etnograpi, dan sebagian besar teks yang diterima keduanya merupakan istilah - istilah yang berasal dari etnograpi. misalnya, argonauts of the western pacific (1922, baronislaw malinowski), coming age of samoa (1928, margaret mead), the nuer (1958, E. E. Evans-Pritchard), atau naven (1958, Gregory Bateson). kini para antropolog budaya dan sosial, menempatkan penelitian ini kedalam sebuah istilah yang disebut sebagai etnologi - perbandingan perpaduan dari informasi etnographi - yang jarang dikembangkan untuk tujuan karir. dengan menggunakan antropogi budaya, maka didapat beberapa jenis etnhnographi. dimulai sejak akhir tahun 50-an dan awal tahun 60-an, para antroplog mulai menulis "sebuah bentuk pengakuan" yang secara sengaja digunakan untuk menyingkap kebenaran dan keaslian dari penelitian ethnographi. contoh yang paling terkenal adalah tristes tropiques ( Claude Lévi-Strauss ), the high valley (kenneth read), the savage and the innocent day (david maybury-lewis), juga dijelaskan secara baik pula dalam sebuah karangan fiksi return to laughter (Elenore Smith Bowen). selanjutnya etnograpi dikembangkan lagi menjadi sebuah cara bagaimana menterjemahkan perbedaan budaya dengan cara merepresentasikan efek - efek yang muncul terhadap para peneliti ethnographi. contoh terkenal lainnya, meliputi deep play "balinesse cockfight" (clifford geertz), reflections on fieldwork in marocco (paul rabinow), the headman (Jean-Paul Dumont), dan tuhami (vincent crapanzano). di tahun 80-an etnographi retoris telah dimasukan kedalam sebuah disiplin ilmu tersendiri, dibawah pengaruh pemikiran dari teori literasi dan post-struktural.etnographi eksperimental yang mengungkapkan dan menggemparkan berbagai disiplin samanisme, kolonialisme, dam the wild man (michael taussig), debating muslim (Michael F. J. Fischer and Mehdi Abedi), A Space on the Side of the Road (Kathleen Stewart), Advocacy after Bhopal (kim fortun). Para antropolog buday, seperti clifford geertz dan xavier andrade, mempelajari dan memaknai perbedaan budaya lewat penelitian etnographi yang mendasarkan pada data - data hasil penelitian dari budaya, masyarakat, dan komunitas - komunitas tertentu. wilayah yang akan dikaji tersebut biasanya menghabiskan waktu setahun atau lebih, para peneliti diharuskan untuk hidup berdampingan dengan para penduduk lokal yang menjadi objek kajiannya dan mereka harus mempelajari mengenai kehidupan mereka. peneliti etnograpi merupakan seorang peneliti partisipan/partisipatoris. mereka harus mengambil bagian atau menjadi bagian dari objek kajian mereka dan hal itu harus dipelajari karena hal ini akan banyak membantu untuk memahami perilaku dan pola pikir dari warga atau penduduk lokal.

B.     Disiplin ilmu lainnya yang berhubungan dengan disiplin etnographi
psikologi, ekonomi, sosiologi dan kajian budaya juga sangaty berhubungan dengan etnographi. sosiologi perkotaan dan dan chicago school dalam beberapa hal berhubungan dengan penelitian etnographi. salah satu contoh yang paling terkenal adalah ( Street Corner Society by William Foote Whyte and Black Metropolis by St. Clair Drake and Horace R. Caton) penelitian tersebut telah dipengaruhi ide - ide pikiran dari para antropolog. interaksionisme simbolis juga telah dikembangkan dari itradisi yang sama dan telah menghasilkan beberapa tema sosiologi etnografi yang mengagumkan, contohnya shared fantasy (gary alan fine), yang mana dokumen - dokumen tersebut berisi sejarah paling awal dari perkembangan permainan peran (role play). akan tetapi meskipun banyak disiplin ilmu dan perspektif - perspekti teoritis yang menggunakan sosiologi sebagai metode entografi, etnografi tetap bukan merupakan sine qua non dari disiplin keilmuan tersebut, seperti yang terdapat dalam antropologi budaya.
etnografi juga digunakan dalam kajian pendidikan, etnomusikologi, performence studies, cerita - cerita, dan linguistik. george spindler seorang antropolog amerika merupakan salah seorang yang pertama kali berhasil membawa studi/metodologi penelitian etnografi kedalam sebuah kelas.begitu juga dengan james spradley yang juga seorang antroplog terkenal dan telah berhasil menerbitkan sebuah buku yang berjudul the ethnographic interview (1979).
metode etnografi juga digunakan dalam sebuah perencanaan bisnis. kumpulan pekerja, manajer dan lain - lain merupakan kumpulan dari orang - orang yang memiliki perbedaan kategori sosial dalam sebuah sistem sosial. tiap - tiap kelompok memperlihatkan perbedaan karakteristik sifat, pola - pola perilaku dan nilai - nilai yang dianutnya masing - masing.
kin semakin banyak yang menggunakan studi ini, salah satu contohnya dalam sebuah universitas, mereka menggunakan analisis ini sebagai salah satu teknik yang harus digunakan para mahasiswanya ketika membuat tugas akhir mereka, khususnya dalam bidang sosial.
antropolog seperti daniel miller dan mary douglas telah menggunakan dat etnografi untuk menjawab pertanyaan akademis seputar masalah perilaku konsumen dan perilaku konsumsi. demikian juga dalam bidang bisnis, metode etnografi bermanfaat untuk memahami bagaimana orang menggunakan sebuah produk dan sebuah layanan jasa, yang merupakan ciri - ciri dari meningkatnya penggunaan metode etnografi untuk memahami para konsumen dan perilaku konsumsi mereka, atau untuk pengembangan produk - produk baru (sering disebut sebagai desain etnografi). adanya konferensi EPIC (ethnographic praxis in industry) merupakan bukti nyata dari hal tersebut diatas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar